Tips Cara Memakai Kerudung Segitiga yang Unik Menarik

Singkat saja untuk yang ini. Filosofi Jilbab.

Jilbab dalam tradisi Islam adalah diwajibkan bagi wanita, dipadukan dengan khimar (kerudung). Khimar adalah kain yang menutup kepala hingga dada sementara jilbab adalah pakaian yang menjulur ke seluruh tubuh sampai hampir menyentuh tanah. Kewajiban ini didapat dari sumber kitab nya umat muslim yakni QS An-Nur 31 dan Al Ahzab 59. Bahkan sekarang lagi trend tentang rumus jilbab syar'i yaitu ditambahkan satu ayat lagi mengenai tabbaruj yakni di surat Al Ahzab 33. Istilah jilbab, khimar, hijab, dan kerudung saat ini secara umum sudah baur secara definisi. Namun jika orang berbicara jilbab pastinya sudah tahu maksudnya adalah kain penutup aurat.

Oke sekarang mari kita coba lihat QS An-Nur 31 :
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
Dari terjemahan di atas, terdapat kelonggaran bahasa yang justru merupakan toleransi tafsir dalam perkembangan waktu, budaya dan kehidupan sosial. Contohnya mengenai apa yang biasa tampak dari padanya, ini kan akan berbeda-beda objeknya bila ditinjau dari perbedaan adat dan budaya yang notabene dunia memiliki ribuan suku dan etnik budaya. Bagi orang amerika misalnya melihat paha merupakan hal yang sudah lumrah, bagi warga aborigin melihat payudara juga hal yang biasa, untuk suku jawa melihat wajah dengan rambut terurai juga adalah sangat biasa. Maksudnya biasa disini adalah tidak sampai mengundang syahwat bagi pria. Lho kenapa larinya jadi ke syahwat. Justru dilanjutan ayatnya, laki-laki yang tidak mempunyai keinginan, anak-anak yang belum mengerti tentang aurat, menunjukan arah pembicaraan nya ke arah situ. 

QS Al Ahzab 59 :
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Pada ayat ini lebih jelas lagi tujuan dari penggunaan jilbab adalah untuk tidak diganggu, atau dengan kata lain digoda. Nah parameternya sekarang lebih mudah, gampangannya jika ada perempuan berbusana tertentu berjalan di depan kumpulan pria, dan pria-pria itu bersiul-siul menggoda, berarti ada yang salah dengan busana wanita itu. Atau bisa juga ada yang salah dengan lokasi penggunaan busana itu. Namun bisa juga sih ada yang salah dengan pria nya. Tapi yang jelas selama berbusana nya tidak menimbulkan ancaman atau gangguan pada dirinya bisa saya artikan bahwa perempuan tersebut sudah berjilbab.

Kalau Al Ahzab 59 berhubungan dengan kegunaan jilbab agar perempuan tidak mendapat ancaman atau gangguan, kalau An-Nissa 31 lebih kepada libido nya laki-laki dalam melihat aurat perempuan sampai-sampai dibatasi siapa saja yang boleh melihat. Seperti hanya suaminya, saudaranya, anak-anaknya, dsb. Tentang mahram ini bisa panjang lagi jika dilihat dari definisinya, misalnya saja pelayan laki-laki yang tidak memiliki keinginan terhadap perempuan, zaman sekarang kan sulit sekali untuk menentukan mana yang berkeinginan dan tidak, bahkan pria renta pun kalo lihat wanita sexy belum tentu tahan. 

Jadi kesimpulannya dengan memperhatikan bahwa bahasa Al Quran adalah sangat luwes. Maka wanita perlu mengenal bukan hanya budaya berbusana tetapi juga busana budaya. Karena pada setiap suku bangsa memiliki kaidah-kaidah kesopanan yang berbeda-beda dan tentunya kaidah ini berhubungan dengan libidonya laki-laki tadi sekaligus berhubungan dengan munculnya gangguan atau ancaman bagi wanita. Budaya lokal. Ini yang penting, perlu mengetahui budaya lokal dan jangan menampakkan yang lebih dari batas-batas busana kebudayaan lokal. Misalnya suku jawa saja yang gampang, budaya lokal mengajarkan busana yang menutupi dada kebawah. Rambut muka kuping leher tidak masalah dalam busana jawa, dan jangan ingin menampakkan yang lebih dengan ikut-ikutan suku papua yang boleh memperlihatkan payudara misalnya. Bagi suku Papua ini boleh secara lokal. 

Dengan batasan budaya ini saya rasa sudah mencangkup kedua ayat Al Quran tadi, perempuan dengan pakaian yang berbudaya, dengan memperhatikan kaidah-kaidah lokal, serta kepekaan terhadap pertumbuhan norma sosial, maka saya rasa perempuan tsb sudah berjilbab.
Bagaimana sih cara memakai kerudung segitiga agar terlihat berbeda dengan hijabers yang lain? Model kerudung segitiga juga merupakan salah satu yang popular dan digemari para wanita muslimah sebagai bagian dari model busana modern yang dinamis. Apalagi model jilbab ini juga mudah dikreasi sesuai keinginan yang mengenakannya.
Ada banyak model jilbab segitiga yang dijual di berbagai butik maupun toko online. Selain modelnya yang unik dan menarik, corak, motif maupun warnanya juga sangat variatif. Sebagai seorang wanita muslimah yang aktif, dalam berhijab mungkin anda perlu memiliki beragam model kerudung segitiga agar bisa disesuaikan dengan kegiatan atau acara yang akan dihadiri.
Berbeda dengan model jilbab segiempat atau pashmina, model jilbab segitiga memberikan ruang kreasi yang lebih variatif untuk dikenakan. Anda bisa mengenakan kerudung segitiga tanpa perlu memakai daleman, sehingga bisa langsung dikenakan di atas rambut. Selain itu, model kerudung ini juga bisa dibuat sebagai pelapis dari inner jilbab untuk memberikan aksen terhadap penampilan anda.

kerudung segitiga modern

kerudung segitiga terbaru
Untuk memberikan inspirasi buat anda, kali ini akan disampaikan sedikit tips cara memakai kerudung segitiga yang modis dan menarik.
  1. Sebelum mengenakan kerudung segitiga, sebaiknya pakai terlebih dahulu daleman jilbab agar lebih mudah dalam mengkreasikannya.
  2. Kemudian letakkan kerudung segitiga di atas kepala dengan kedua ujung jilbab sama panjangnya. Tarik kedua ujung kerudung ke bawah dagu dan ikat dengan peniti atau jarum agar kuat.
  3. Setelah itu anda bisa berkreasi agar penampilan terlihat lebih modis. Diantaranya dengan menarik salah satu sisi jilbab ke arah berlawanan dan letakkan di atas telinga, lalu ikat dengan jarum agar tidak terlepas. Ujung kerudung ini bisa anda biarkan jatuh sehingga memberikan kesan rumbai ataupun diikat rapi dengan jarum.
  4. Sedangkan sisi ujung yang lainnya bisa anda lampirkan kearah pundah di sisi yang berlawanan dan ikat dengan peniti agar tidak terlepas.
  5. Sampai di sini cara memakai kerudung segitiga sebenarnya sudah selesai, namun anda juga bisa berkreasi dengan membuat lipatan di atas kepala ataupun menambahkan asesoris atau bros agar terlihat lebih modis dan manis.

Berikut 45+ Cara Memakai Jilbab Segitiga yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi :


Cara Memakai Kerudung Segitiga
tutorial hijab segitiga 2017


tutorial hijab segitiga terbaru
tutorial jilbab segitiga terbaru
tutorial kerudung segi empat untuk pesta
tutorial hijab segitiga simple
tutorial hijab segitiga wisuda
tutorial hijab segitiga tanpa jarum
tutorial hijab segitiga syar'i
tutorial hijab segitiga simple elegan
tutorial hijab segitiga zaskia
jilbab segitiga renda
jilbab segitiga licin
jilbab segitiga lebar
jilbab segitiga double
jilbab segitiga dan cara memakainya
jilbab segitiga cantik dan murah
jilbab segitiga cantik
jilbab segitiga biasa
jilbab segitiga bermotif
jilbab segitiga 2 warna
hijab segitiga yang simpel
hijab segitiga yang mudah
hijab segitiga untuk pesta
hijab segitiga untuk kerja
hijab segitiga untuk ke pesta
hijab segitiga untuk ke kantor
hijab segitiga untuk kebaya
hijab segitiga simple dan mudah
hijab segitiga simple dan modis
hijab segitiga simple dan modern
hijab segitiga sehari hari
hijab segitiga sederhana
hijab segitiga remaja
hijab segitiga polos
hijab segitiga paris simple
hijab segitiga paris
hijab segitiga mudah
hijab segitiga modis dan simple
hijab segitiga modern
hijab segitiga model turban
hijab segitiga kreasi
hijab segitiga keren
hijab segitiga kekinian
hijab segitiga empat
hijab segitiga dan segiempat

hijab segitiga casual
hijab segitiga cantik
hijab segitiga bergambar
hijab segitiga bahan satin
gaya hijab segitiga tanpa ninja
gambar hijab segitiga terbaru
cara hijab segitiga wajah bulat

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Hijab Segitiga Yang Bikin Tampil Cantik Tanpa Make Up

Tutorial Cara Memakai Jilbab Segi Tiga Terbaru 2018